Cara Mudah Tahun Weton Tanggal Lahir Secara Online

Arti Weton Jawa Beserta Fungsi, Karakter, dan Cara Menghitungnya

Istilah weton bukanlah perihal asing, terlebih bagi orang Jawa. Istilah ini kerap disebut kala seseorang bakal menyelenggarakan acara penting, layaknya pernikahan atau ganti rumah. Nah, apa kalian sudah memahami apa arti weton?

Terlepas dari fungsinya sebagai penghitungan hari baik, arti weton juga dipercaya memiliki kaitan bersama karakter seseorang. Artinya, watak dan tabiat seseorang sanggup dicermati dari hari lahirnya.

Meski begitu, sistem penghitungan weton tak sanggup dikerjakan secara sembarangan. Kalian kudu terlalu memahami arti weton atau lebih baik menghendaki orang yang dituakan untuk laksanakan penghitungan.

1. Arti Weton
Sebagai orang Jawa, tentu kalian sudah pernah mendengar makna weton. Meski begitu, tak semua orang memahami arti weton secara lebih dalam. Biasanya, orang cuma menyebut weton sebagai hari lahir. Sementara itu, pengertian weton menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hari lahir seseorang bersama pasarannya (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon).
Selanjutnya, di dalam budaya Jawa weton sendiri bukan sekadar hari lahir. Weton merupakan penanggalan atau perhitungan hari lahir seseorang yang kerap digunakan sebagai patokan untuk merujuk ramalan tertentu. Menurut kepercayaan Jawa weton sanggup berkaitan bersama ramalan peristiwa tertentu. Ramalan selanjutnya ditelaah lewat suatu siklus hari di dalam kalender tradisional.

2. Fungsi Weton
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, arti weton tak cuma dianggap sebagai hari lahir. Melalui rumus penghitungan tertentu, weton berguna sebagai bentuk ramalan. Berikut ini terkandung lebih dari satu kegunaan weton yang dipercaya di dalam budaya Jawa.
1. Menghitung Kecocokan Pasangan Calon Pengantin

Untuk memahami keserasian pasangan calon pengantin, kuantitas neptu hari lahir masing-masing orang dijumlahkan. Sisa dari perhitungan selanjutnya yang pilih apakah pasangan selanjutnya baik atau tidak.

2. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang

Dalam budaya Jawa, weton juga dipercaya sebagai cara untuk mengenali karakter atau watak seseorang. Hal itu sanggup dikerjakan oleh orang yang memang mempelajari perputaran kalender tradisional.

3. Menjauhkan Kesialan

Sebagai usaha menjauhi kesialan di dalam budaya Jawa, orang direkomendasi untuk berpuasa pada setiap hari lahirnya. Selain untuk memperingati weton, puasa ini juga dikerjakan agar selamanya mendapatkan keselamatan weton online .

4. Agar Selalu Meraih Kesuksesan

Dalam budaya Jawa terkandung acara yang dinamakan selamatan. Selamatan yang dikerjakan pada peringatan weton seseorang juga dipercaya sebagai usaha untuk selamanya mencapai keberhasilan di era depan. Selain itu, selamatan ini sanggup dianggap sebagai bentuk rasa syukur.

Leave a Comment